Translate

December 6, 2010

Mengenal Sosok Irfan Bachdim, Idola Baru Sepak Bola Indonesia

Anda penggemar sepak bola? Jika iya, pasti sosok yang satu ini sudah tidak asing bagi anda. Meskipun baru memperkuat Timnas di AFF Cup 2010, namun sosoknya langsung melambung berkibar menjadi idola baru di lapangan hijau dan diluar lapangan hijaupun dia di puja layaknya sang idola. Wajah tampan belasteran Indo-Belanda membuatnya banyak dikagumi khusunya kaum wanita. 

Tapi, anda yang tergila-gila dengan Irfan siap-siaplah sakit hati karena di akun twitternya Irfan mengakui bahwa ia memiliki hubungan yang sangat special dengan seorang model lingerie Jerman bernama Jennifer Kurniawan, model cantik blesteran Indo-Jerman yang merupakan Kakak Kandung rekan Irfan di Persema Malang Kim Jefri Kurniawan. Bahkan ia menyebutkan bahwa Jennifer adalah istrinya dan Jennifer sendiri menggunakan nama Bachdim di belakang namanya.

Siapa sebenarnya Irfan Bachdim?

Bernama lengkap Irfan Haarys Bachdim, pria kelahiran Amsterdam 11 Agustus 1988, merupakan anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Noval Bachdim (Indonesia) dan Hester Van Dijic (Belanda) sejak kecil sudah sangat akrab dengan dunia sepak bola. Mewarisi bakat bermain bola dari ayahnya Noval Bachdim, pemain sepak bola yang memperkuat Persema Malang di era 80-an.

Karier Sepak Bola Irfan Bachdim?

Irfan memulai debut pertamanya sebagai pemain bola di klub junior Ajax Amsterdam ketika berumur  11 tahun. Kemudian tiga tahun berselang dia pindah ke SV Argon dan menjadi pencetak gol terbanyak diliga meski posisinya saat itu sebagai gelandang. Pada saat itu FC Utrecht mulai tertarik pada seorang Irfan dan  merekrutnya untuk bermain di FC Utrecht. Dia termasuk dalam skuad pemain utama dalam tim FC Utrecht  Junior meskipun kadang-kadang menempati bangku cadangan. Debut pertamanaya untuk FC Utrecht di Eredivisie terjadi pada 17 Februari 2008, bermain 90 menit melawan VVV-Velno.  Pada Juli 2009 ia ditransfer tanpa biaya ke klub HFC Harrlem.

Irfan bersama Timnas PSSI

Pemain Indonesia berdarah Belanda adalah pemain hasil naturalisasi PSSI bersama  Christian Gonzales agar dapat memperkuat Timnas PSSI. Irfan hamper membela tim sepakbola U-23 Indonesia di Asian Games 2006-Qatar, namun sayang sekali dia harus absen dari turnamen tersebut karena menderita cedera seminggu sebelum keberangkatan tim.
Pada bulan Maret 2010, ia menjajal kemampuannya mengolah si kulit bundar di Persib Bandung dan Persija Jakarta, namun tak satu pun yang berhasil mengikat kontrak dengannya. Pada akhirnya, keinginannya untuk bermain di Indonesia terwujudkan. Pada Agustus 2010 ia menandatangani kontrak dan resmi bergabung dengan Persema Malang. Ia direrut oleh Pelatih Persema Malang Timo Scheunemann bersama Kim Jefri Kurniawan (pemain berdarah Indo-Jerman). Pelatih Persema Malang tertarik ketika Irfan dan pemain muda berbakat lainnya bermain di laga amal untuk tokoh sepak bola Lucky Acub Zainal di stadion Gajayana, Malang.

Saat ini, Irfan bergabung dalam timnas Indonesia asuhan Alfred Rield untuk Piala AFF 2010. Debut pertamanya bersama timnas Indonesia diawali ketikatimnas menang 6-0 di laga persahabatan melawan Timor Leste di Palembang pada 21 November 2010.

Penampilan perdananya bersama timnas dalam turnamen resmi terjadi pada 1 Desember 2010, saat Indonesia mengalahkan Malaysia 5-1 di Gelora Bung Karno pada ajang AFF Cup 2010. Pemain bernomor pungung 17 ini memperlihatkan permainan apiknya dan totalitasnya dalam bermain, terbukti pada laga kedua AFF Cup 2010 menghadapi Laos pada 4 Desember 2010, ia menyumbangkan satu gol cantik untuk kemenangan Indonesia 6-0. Sejauh ini ia telah menyumbangkan dua gol untuk timnas Indonesia.

No comments:

Post a Comment