Translate

December 30, 2010

Harimau Berjaya "AFF CUP" untuk Malaysia

tropi AFF Cup untuk Malaysia
Kecewa, sudah pasti dirasakan bukan hanya para suporter mulai dari yang fanatik sampai yang ikut-ikutan gila bola sebatas ajang AFF Cup berlangsung, seluruh masyarakat Indonesia dan terutama sekali pemain timnas pasti sangat terpukul akan hal ini. Kitalah pemenang yang tidak juara!!!

Harus di akui, Malaysia memang lebih unggul dari timnas kita. Meskipun perjalanannya dari awal penyelenggaraan piala AFF tidak seheboh timnas kita namun terbukti merekalah yang terbaik dan berhak menyandang gelar supremasi tertinggi di Asia Tenggara.

Dari segi materi pemain dan kualitas permainan timnas kita masih lebih unggul menurut saya, lalu apa yang membuat Harimau Malaya lebih baik dari kita? Totalitas, kualitas dan skil yang dimiliki pemain kita sangat baik namun satu hal yang tidak kita miliki adalah “MENTAL JUARA”.

Hal yang satu ini yang belum kita miliki, mungkin karena terlalu lamanya garuda tertidur dan tiba-tiba bangkit namun tak mampu menatap silau sinar matahari. Yah, seperti itulah adanya timnas kita. Empat kali sampai ke final AFF Cup yang dulunya Piala Tiger namun belum sekalipun mencicipi gelar juara karena mental juara itu yang tertanam dengan baik.

Banyak hal yang harus dievaluasi kembali di timnas, bagaimana membina pemain bukan hanya fisiknya, skil dan kreativitasnya dalam mengolah si kulit bundar namun yang terpenting adalah bagaimana membina mental mereka dan untuk yang satu ini apa salahnya kita belajar dan berkaca dari tetangga kita, tim Malaysia. Anda sependapat dengan saya???

Satu hal lagi, sebagian besar masyarakat kita terlalu larut dalam euforia kemenangan, kebangkita timnas dan kemenangan beruntun dari babak penyisihan sampai semi final sudah sangat dibanggakan, di eksploitasi, dipublisitaskan dan bak selebriti baru setiap hari sepanjang ajang AFF Cup mereka selalu mendapat jam tayang, saat latihan, keluarga pemain dan apapun aktivitas mereka tidak luput dari sorotan media. Satu hal yang terlalu berlebihan menurut saya.

Kemenangan Harimau Malaya
Dan apapun adanya sekarang, Malaysia lah yang menjadi juaranya. Tropi AFF Cup terbang dari Senayang ke Kuala Lumpur di usung sang Harimau. Apa salahnya kita mengucapkan selamat kepada mereka, negara serumpun kita. Brbeda bendera bukan berarti tidak bisa bersahabat, betul betul betul!!! 

SELAMAT UNTUK KEMENANGAN TIM MALAYSIA. Garuda, engkau senantiasa di dadaku.

No comments:

Post a Comment