Translate

November 18, 2010

Anorexia Nervosa

(e-psikologi)
Bagi kaum wanita amatlah sangat mendambakan tubuh yang ideal dan proporsional. Terkadang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing mereka kebanyakan melakukan diet ketat untuk mengontrol pola makan. Nah, pernahkah anda melakukan diet dalam waktu yang lumayan lama lalu kemudian tiba-tiba  menjadi alergi sama  coklat, es krim dan makanan-makanan yang berkalori tinggi. Sampai pada akhirnya jadi takut untuk makan karena khawatir berat badan bakalan naik sehingga seharian penuh cukup hanya dengan beberapa sendok nasi. Berhati hatilah, karena apabila diet dilakukan secara tidak wajar justru akan jadi berbahaya dan pada akhirnya akan menimbulkan Anoreksia atau Bulimia.

Anorexia Nervosa
Anoreksia atau istilah kerennya Anorexia Nervosa adalah aktivitas untuk menguruskan badan dengan melakukan pembatasan makan secara sengaja dan melalui kontrol yang ketat. Penderita anoreksia sadar bahwa mereka merasa lapar namun takut untuk memenuhi kebutuhan makan mereka karena bisa berakibat naiknya berat badan. Persepsi mereka terhadap rasa kenyang terganggu sehingga pada saat mereka mengkonsumsi sejumlah makanan dalam porsi kecil sekalipun, mereka akan segera merasa 'penuh' atau bahkan mual. Mereka terus menerus melakukan diet ketat untuk mencapai tubuh yang kurus. Pada akhirnya kondisi ini bisa menimbulkan efek yang berbahaya bahkan sampai pada  kematian si penderita. Kalau mereka terus menerus bertahan untuk tidak makan dalam porsi yang wajar dari mana tubuh akan mendapatkan energi untuk bertahan hidup.

Bulimia
Jika penderita anoreksia mati-matian untuk menahan rasa lapar dan berupaya sekeras mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar sehingga bisa tahan 'hidup' hanya dengan makan 2-3 sendok nasi per-hari, maka lain  halnya dengan bulimia. Pada dasarnya, tujuan akhir dari penderita bulimia dan anoreksia adalah sama, yaitu ingin mempertahankan bentuk tubuhnya selangsing (sekurus) mungkin namun cara mereka yang berbeda. Penderita bulimia cenderung  senang mengkonsumsi makanan yang mereka sukai. Mereka makan berlebihan untuk memuasakan keinginan  mereka namun selanjutnya mereka memuntahkannya kembali hingga tidak ada makanan yang tersisa. Dengan demikian mereka terhindar jadi gemuk melainkan tetap menjadi kurus tanpa perlu menahan keinginan mereka untuk makan. Dapat dibayangkan jika seseorang terus menerus memuntahkan makanan yang mereka konsumsi, darimana mereka mendapatkan kalori untuk beraktivitas. Tubuh akan  menjadi lemas, sulit untuk berpikir dan akhirnya tidak ada lagi energi yang dapat digunakan untuk mempertahankan dirinya.


Apakah Dampak yang Ditimbulkannya?
Beberapa penderita anoreksia dan bulimia dapat menurunkan berat badannya antara 25-50% dari berat badan mereka. Jika gangguan ini, baik anoreksia maupun bulimia tidak segera ditangani, maka dapat membawa dampak masalah baik secara fisik maupun psikis yang serius, bahkan kasus yang terparah bisa sampai menyebabkan kematian.

Dampak fisik yang umumnya terjadi pada mereka:
·       Kehilangan selera makan, hingga tidak mau mengkonsumsi makanan apapun
·       Luka pada tenggorokan dan infeksi saluran pencernaan akibat terlalu sering memuntahkan makanan
·       Lemah, tidak bertenaga
·       Sulit berkonsentrasi
·       Gangguan menstruasi
·       Kematian
·        
Dampak fisik secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kondisi psikis seseorang, sehingga masalah psikologis yang muncul pada mereka adalah:
·       Perasaan tidak berharga
·       Sensitif, mudah tersinggung, mudah marah
·       Mudah merasa bersalah
·       Kehilangan minat untuk berinteraksi dengan orang lain
·       Tidak percaya diri, canggung berhadapan dengan orang banyak
·       Cenderung berbohong untuk menutupi perilaku makannya
·       Minta perhatian orang lain
·       Depresi (sedih terus menerus)
·        
Dampak fisik maupun psikis yang dialami oleh penderita gangguan makan tersebut tentu saja tidak dapat diabaikan begitu saja. Mereka memerlukan pertolongan segera dari psikolog, dokter, ahli gizi, dan tentu saja orangtua untuk memulihkan masalahnya agar tidak membawa dampak yang lebih serius lagi, yaitu kematian.

No comments:

Post a Comment