Translate

April 6, 2011

Indahnya Kuala Lumpur

Kuala lumpur selalu menjadi tempat menyenangkan untuk bersantai bagi saya, tata kota yang bersih dengan transportasi yang teratur serta penduduknya yang ramah memberikan kenyamanan tersendiri untuk betah berlama-lama di kota ini.

Menurut saya, KL adalah kota tujuan wisata paling efisien, termurah dan terdekat dari Indonesia. Kehadiran maskapai Air Asia semakin memudahkan akses kita menuju KL. Bahkan dengan berbagai paket promo yang di tawarkan anda bisa melenggang ke KL dengan biaya yang cukup murah.


Nah, jika Anda sedang bepergian ke Kuala Lumpur ada beberapa tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Menara Petronas

Menara petronas atau the twin towers terletak  di Kuala Lumpur City Center. Bila anda menggunakan LRT untuk mencapai lokasi ini, anda akan berhenti di stasiun KLCC yang terletak di baseman dari twin tower.

Kita boleh naik sampai ke skybridge, jembatan penghubung di antara dua gedung ini yaitu di lantai 42. Namun untuk itu kita harus mengantre tiket terlebih dahulu. Dan harus benar-benar dari pagi. Loket ini terletak di basement. 

Saya mendapatkan informasi bahwa mereka mengeluarkan tiket untuk 1600 orang per hari. Satu orang dapat mengantri tiket untuk maksimal 5 orang. Setelah mendapat tiket maka akan diketahui jam berapa kita boleh naik, dan kita bisa jalan-jalan dulu, lalu 15 menit sebelumnya siap-siap menunggu di lokasi. 

Jangan sampai terlambat, karena kalau terlambat, maka tiket tersebut akan hangus. Di samping counter tiket, ada ruang museum kecil yang memperlihatkan bagaimana penggunaan teknologi tinggi untuk dapat membangun gedung pencakar langit tersebut. Karena harus dapat mengantisipasi gempa, petir, api, perubahan cuaca, dan lain sebagainya. Hati-hati : Hari Senin TUTUP.


Suria KLCC

Di dalam menara ini terdapat Suria KLCC, sebuah mega mall  dan menjual barang – barang ternama. Tapi untuk makanan, harganya tidak terlalu jauh dengan Indonesia, bahkan beberapa makanan di food courtnya lebih murah dari mal di Indonesia. 

Bermacam barang bermerek dijual di sini. Bagi kutu buku, silakan mengunjungi Kinokuniya. Oh ya, Anda juga bisa bikin kartu diskonan di sini. 

Caranya gampang. Anda tinggal nunjukin Paspor ke petugas informasi. Dijamin, dalam waktu kurang dari 10 menit, kartu diskonan yang berlaku untuk semua merchant di Suria KLCC sudah bisa Anda kantongi (hanya besarnya diskon tiap toko beda-beda. 

Misalnya, kalau kartu itu ditunjukkan di gerai The Bodyshop, Anda dapat diskon 10%, sementara kalau ditunjukkan ke gerai Braun Buffel dapat diskon 20%).

Petrosains & Petrosains Speed

Terletak di lantai 4 di mal Suria KLCC, petrosains adalah tempat dimana kita dapat mempelajari sains dengan menarik. Banyak alat-alat yang dapat kita coba untuk mempraktekkan sains secara langsung. 

Kalau di Indonesia kurang lebih seperti museum iptek di Taman Mini. Namun ini jauh lebih modern dan lengkap, kira-kita setara dengan Singapore Science Center di Singapura. 

Ada 2 pilihan yaitu Petrosains dan Petrosains Speed. Petrosains speed lebih kecil dibandingkan petrosains. Untuk bermain di petrosains membutuhkan waktu sekitar 4 jam, terutama yang laki-laki pasti suka dengan permainan di dalamnya.

Jam buka: Sabtu, Minggu dan hari Libur: 9.30 – 18.30, Selasa, Rabu dan Kamis: 9.30 – 17.30, Jumat: 13.30 – 17.30.  Senin: TUTUP

Menara Kuala Lumpur

Terletak di kawasan bukit nanas, menara KL ini sangat mudah untuk di jangkau, untuk naik ke puncak menara KL saat ini memang lumayan mahal, anda harus merogoh kocek sebesar RM38 untuk orang dewasa. 

Sebagai orang Indonesia, kita boleh ikut berbangga, karena arsitek bangunan kebanggaan orang Malaysia ini adalah insinyur Indonesia.   

Dari puncak Menara KL anda bisa melihat Kuala Lumpur dari ketinggian 400an meter. Juga disediakan teropang koin seperti halnya di puncak Monas. Tempat ini juga lumayan ramai meskipun tidak sepadat antrian di menara Petronas.

Dataran Merdeka
Tempat lain yang menarik untuk membuat foto kenangan adalah Dataran Merdeka (Merdeka Square). Di sini ada gedung menarik, Sultan Samad Building, yang juga menjadi icon Kuala Lumpur.

Central Market ( Pasar Seni)

Tempat yang satu ini adalah tempat favorit saya berburu souvenir dan barang-barang murah meriah di Kuala Lumpur. Lokasinya sangat mudah diakses. 

Bila naik LRT turun di stasiun Masjid Jameek, menyebrang ke stasion bus Masjid Jameek dari sini jalan rulus saja sampai menemukan bangunan bercat biru.

Di pasar seni ini, anda bisa mendapatkan coklat Beryl’s made in Malaysia dengan harga cukup murah di bandingkan coklat yang di jual di Butik Chocolate maupun di Beryl’s King.

Coklat Camior dengan berbagai varian rasa, bittersweet, hazelnut, coklat tiramisu, dan sebagainya sangat mudah di jumpai di tempat ini.

Kawasan Little India

Diseputaran tempat ini di penuhi dengan took-toko yang menjual kain khas Malaysia, yaitu kain baju kurung. 

Selain itu, Jilbab, aksesoris, bahkan karpet akan sangat mudah di temui di tempat ini dan satu lagi harganya pun sangat terjangkau. Pandai-pandainya kita menawar harga, untuk beli grosiran pun akan sangat murah.

Bukit Bintang

Kawasan yang paling padat dan selalu menarik untuk dikunjungi, sekedar untuk have fun, shopping atau wisata kuliner akan mudah ditemukan di kawasan ini. Setidaknya ada 5 plaza berdekatan di area ini.

Mulai dari Sungai Wang; tempat favorite saya berburu sepatu Vincci (sepatu pabrikan Malaysia dengan harga murah dan kualitas yang boleh dibanggakan). 

Low Yat Plaza; di tempat ini anda akan menemukan perangkat elektronik, gadget terbaru dari merek-merek ternama dengan harga bersaing. Jangan ragu untuk menawar harga dan yang pasti jangan ragu karena barang yang di tawarkan adalah produk asli bukan bajakan. 

Untuk harga notebook di sini anda akan tercengang dengan perbedaan harga di Indonesia bisa mencapai kisaran 500an ribu sampai jutaan dengan full aksesoris.

Selain kedua plaza tersebut ada lagi plaza Imbi, Lot 10, dan plaza Bukit Bintang.

Masjid Jameek dan Masjid Negara


Kedua masjid ini memiliki keunikan tersendiri, masjid jamek dengan konsep terbuka hanya dikelilingi pilar-pilar tanpa dinding memberikan suasana yang begitu asri, tenang dan sangat nyaman untuk tempat ibadah dan beristirahat. 

Dengan aliran sungai di depannya dan disekelilingnya di tumbuhi pohon kelapa membuat suasana tersa begitu menyatu dengan alam.

Masjid Negara dengan konsep modern juga memberikan daya tarik tersendiri, dengan beberapa taman kecil di sekeliling masjid dan arena permainan untuk anak-anak di belakang mesjid memberikan kesan berbeda dari masjid ini.

I-City Shah Alam


Jika anda berkunjung ke I-City sebaiknya anda datang pada malam hari, karena anda akan di sajikan pemandangan yang cukup menarik di kawasan ini. 

Kawasan yang di dikelilingi pohon-pohon lampu, dengan beberapa arena permainan untuk anak dan dewasa, serta Snowalk untuk merasakan dunia salju tanpa harus kedinginan. 

Kerlap kerlip pohon-pohon dan bunga-bunga lampu menjadi daya tarik di tempat ini. Semakin larut malam tempat ini akan semakin menarik dan ramai di kunjungi.

Sunway Lagoon


Tempat wisata ini cocok untuk bermain bersama keluarga, di dalamnya terdapat: 
  • Water Park, aneka permainan air dapat ditemui disini, mulai dari seluncuran, kolam ombak raksasa yang membuat Anda merasakan selancar seperti di panta. 
  • Amusement Park, ini mirip dengan Dunia Fantasi di Ancol. Berjenis-jenis wahana bermain dari yang menyenangkan sampai yang menegangkan menanti Anda disini.
  • Extreme Park, kalau yang ini seperti arena outbound. Ada permainan ATV offroad, flying fox, paintball, dan masih banyak lagi permainan adventure yang akan memacu adrenalin Anda. 
  •  Wildlife Park, di sini Anda dapat mengajak keluarga untuk melihat kehidupan binatang2 di alamnya. 
  •  Scream Park, untuk Anda yang senang adu nyali pasti tertantang untuk mampir ke tempat ini. Rumah hantu yang sarat dengan teknologi tinggi akan membuat Anda merinding.
Genting Highland

Genting

Tempat ini terletak di atas bukit, cukup jauh dari Kuala Lumpur, sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kereta. 

Tersedia bus dari beberapa terminal di Kuala Lumpur, yaitu Puduraya, KL Sentral, Terminal Putra, Pasarakyat. 

Di loket tersebut juga ada paket untuk bermain ke genting selama 1 hari, termasuk tiket pulang pergi, dan permainan di sana ( indoor dan outdoor). 

Tapi saran saya lebih baik bermalam disana, karena selain harga kamarnya murah, hotelnya bagus, pemandangannya pun indah, sejuk sekali. 

Untuk mencapai Genting, kita perlu menggunakan cable car (kereta gantung) kecuali kita menggunakan taksi / mobil pribadi bisa langsung menuju genting tanpa menggunakan cablecar. 

Namun menurut saya, disinilah serunya menuju genting dengan menggunakan cable car. Dalam satu cable car cukup menampung sekitar 6-8 orang, jika sedang tidak ramai kita dapat memilih cable car untuk keluarga kita saja, sehingga lebih nyaman. 

Cable car ini dijalankan secara otomatis, untuk pertama kali mungkin akan sangat menegangkan tapi tidak perlu khawatir, karena cable car ini diperiksa secara rutin sehingga keselamatan kita terjamin. Secara jarak dan pemandangan cable car di Genting lebih jauh dan lebih indah dibandingkan cable car yang menuju Pulau Sentosa di Singapura.

Untuk menggunakan cablecar kita harus membeli tiketnya dulu, untuk pulang pergi dewasa sekitar RM10, anak-anakRM5. Untuk anak dibawah 3 tahun gratis.

Cameron Road


Tempat ini berada di area perbukitan sekitar Genting Highland, terdiri dari kebun Strowberry, dimana kita bisa memetik sendiri buah strowberrynya. 

Kebun Bunga, Tempat budidaya Jamur, Beberapa supermarket dan outlet yang menjual pernak-pernik dan yang pasti berbau strawberry.

Tempatnya cukup nyaman dan rindang, karena pada atapnya di penuhi tanaman merambat seperti anggur dan organic bean spourt.



Batu Caves

Kuil Hindu ini terletak di atas bukit yang berjarak 13 km dari Kuala Lumpur. Disini terdapat kuil yang terdapat di dalam gua dan juga patung Murugan yang tingginya 42,7m dan merupakan patung Murugan yang tertinggi di dunia.
Untuk mencapai ke lokasi siapkan fisik anda karena kita harus menaiki anak tangga yang cukup banyak, yaitu 272 anak tangga. Karena di dalamnya terdapat sarang kelelawar, maka agak menyengat bau di dalam gua. Selain kelelawar, kita juga bisa mendapati monyet yang berkeliaran di lokasi ini.

Butik Coklat

Tempat yang bernama Cocoa Boutique ini merupakan surga untuk pecinta coklat. Anda dapat menemukan coklat dengan rasa, jenis, kualitas, bentuk, warna yang beraneka ragam. 
Mulai dari coklat lokal hingga coklat Belgia. Yang special di tempat ini adalah  coklat durian dan cokelat cabe, hmm kebayang kan makan cokelat tapi ada ras pedasnya.

Petaling (Chinatown) dan Up Town


Di sini banyak penjual barang-barang di kaki lima, kira-kira seperti di Pasar Baru Jakarta. 

Namun kita harus membandingkan harga dari beberapa penjual terlebih dahulu. Karena mereka pada umumnya memasang harga yang tinggi terlebih dulu. Jangan langsung tergiur, cobalah bandingkan ke beberapa tempat. 

Jangan ragu untuk menawarnya. Di tempat ini semakin larut malam akan semakain ramai. Kita bisa menemukan live music dan penjaja makanan dari traditional sampai makanan modern di kedua tempat ini.

Dan masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang rugi bila anda tidak mengunjunginya, seperti Putra Jaya, Taman Titiwangsa, pavilon plaza, mid valey dan yang lainnya.

Rasanya waktu satu minggu buat saya belum cukup untuk mengeksplore Kuala Lumpur, selalu menjadi hal menarik dan menyenangkan berkunjung ke sana.

No comments:

Post a Comment