Translate

January 19, 2011

Kidung Shalawat Mesut Kurtis

Mesut Kurtis
Kalau sebelumnya saya sudah menguraikan profil seorang Sami Yusuf dan Maher Zain, kali ini saya akan memperkenalkan seorang penyanyi Islam yang namanya tidak secemerlang dua orang tersebut, namun bila anda pernah mendengar lagu Shalawat atau Burdah anda pasti setuju dengan saya kalau suaranya tidak kalah cemerlang. Dialah sang pelantun lagu Shalawat yang sangat menyentuh hati.

Mesut Kurtis lahir pada bulan Juli 1981. Ia dilahirkan dan dibesarkan di sebuah keluarga Muslim asal Turki di Makedonia. Dia menghabiskan masa kecilnya di Skopje, Makedonia. Mesut banyak menikmati waktunya di sekolah dan hal  ini mendorongnya untuk mencari tahu lebih banyak tentang dirinya dan kemampuan bermusiknya. 

Ia menemukan bahwa pasti ada hubungan yang mendalam antara dirinya dan musik pada usia yang sangat dini. Sejak saat itu ia selalu aktif turut seta dalam kegiatan  kelompok nashed di masjid-masjid lokal di kota Skopje.

Mesut melanjutkan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi Islam di Skojpe yang memberikan kesempatan padanya untuk belajar di Inggris dan mendapat gelar Human Sciences dalam  Studi syariah di Human Science Institute Wales, di Inggris.

Mesut bukanlah berasal dari keluarga musisi meskipun ia mengakui bahwa orang tuanya suka menyanyi. ayah Mesut, ia gambarkan sebagai pemilik suara yang indah, ayahnya sering membacakan Al Qur'an dan nasheeds dalam beberapa bahasa dan gaya dalam masjid. Ketika  masih muda Mesut adalah seorang yang bersemangat yang ingin membantu sesama. Ia berharap ketika ia tumbuh dewasa akan menjadi burung merpati bagi umat manusia.

Aliran musik seorang Mesut Kurtis dipengaruhi oleh  musik sufi, klasik Turki, Arab dan music Eropa. Tidak ada aliran music  tertentu atau genre musik yang telah mempengaruhi dia sebagai seorang Makedonia di mana ia dibesarkan yang memiliki populasi multi-etnis.

Konser di Malaysi
Mesut menggambarkan musiknya sebagai perpaduan dari Timur dan gaya Barat. Dia bernyanyi terutama bertujuan menanamkan cinta dalam hati orang-orang terhadap Allah dan Nabi Mohammad. 

Bagi Mesut,music merupakan cara hidup dan filsafat. Islam telah memiliki dampak langsung pada musiknya. Dia menggunakan Al Qur'an sebagai contoh dimana setiap huruf memiliki melodi yang berbeda dan gaya pengucapan, seperti suara alam. Dia mencerminkan kecintaannya pada "Sang Pencipta" dalam proyek musiknya.

Mesut juga seorang  multi-linguist berbakat, ia fasih dalam lima bahasa, dan ini sangat tergambar di album pertama nasyid nya: Salawat, yang menampilkan lagu-lagu yang indah dan mulus menggabungkan bahasa Arab, Turki, dan Inggris.

Lagu-lagu yang di usung seorang Mesut Kurtis sarat akan pesan kedamaian, kebahagiaan dan kemanusiaan. Ia selalu menekankan bahwa seburuk apapun suatu hal yang menimpa kita, kita harus bisa bertahan.


Album perdananya bertajuk “Shalawat” sangat diterima di pasaran sebagai lagu nashed, begitupula video klip “Burdah” merupakan prestasi terbaiknya hingga saat ini. Mesut senantiasa menekankan bahwa apa yang ia capai hingga saat ini tidak lepas dari Karunia Allah.

Pada 2008, Mesut sedang mempersiapkan album keduanya dan juga melanjutkan studi pascasarjananya. Ada dua tujuan utama yang ingin dicapai seorang Mesut, menjadi musisi professional dan menyelesaikan studinya. Album kedua bertajuk “Beloved” akhirnya rilis juga pada bulan Ramadhan 2008. Album ini di rilis dalam 2 versi, yaitu versi berbahasa Inggris dan  berbahasa Turki.

Dalam waktu luangnya selalu ia pergunakan untuk kegiatan positif sepeti melakukan kegiatan social, membaca, berolahraga dan bepergian.


Discography

Album

Shalawat
Label: Awakening Records
Track: 8
Rilis: 1 Oktober 2004
Singels: No one but Allah, Shalawat, Burdah,  Never Forgot, Ya Ilahal Kawni, Alayka, Tala al Badru Alayna, O Allah (feat. Sami Yusuf).

Beloved/Sevegli (dirilis dalam 2 versi, English/turki)
Label: Awakening record
Track:12
Rilis: Agustus 2008
Singels: Rabby Sally (Beloved), Ya Allah, I Think of You (Subhan Allah) (feat.Irfan Makki), Waddily Salamy, Dhikru Allah, Every Breath is a Blessing,  Aunty (Al Hijab), Badr El-MAdinah, Never Forget (feat. Maher Zain), My Wish for the World, Fi-Jawf El-LAil, RAbby Sally (remix)

2 comments:

  1. Assalamuaaikum Mas Bro & Mba Sis all Mesut Kurtis Fans.
    Apa Kabar - Kaifa Haluq - Comment vas-tu - nasılsın
    I hope Allah always protect you and your family
    amin allahumma amin ya robbal alamin
    Salam Ukhwah islamiyah From Indonesia
    ...****
    For all Mesut Kurtis Indonesian Fans Let's JOIN & SHARE
    Mesut Kurtis Indonesia Fans Club
    http://www.facebook.com/MKIfc
    | Salam : Admin MKIFC |

    ReplyDelete