Translate

February 28, 2011

Colin Firth dan Natalie Portman Berjaya di Academy Awards

Piala Oscar
Penghargaan Piala Oscar 2011 baru saja selesai beberapa jam yang lalu, dan seperti prediksi banyak kalangan finally Colin Firth dan Natalie Portman terpilih sebagai Aktor dan Aktris terbaik.

Colin Firth menyandang gelar the best actor lewat perannya sebagai seorang pria yang gagap dalam film ‘The King’s Speech. Sementara Natalie Portman berhasil memukau dan menjadi the best actrees lewat acting cantiknya sebagai ballerina dalam film ‘Black Swan’.

Anda sudah menyaksikan kedua film ini? Nah, nilai-nilai apa yang dapat kita adopsi dari keduanya? Saya akan bahas sekilas mengenai synopsis kedua film ini.


The King’s Speech
The King’s Speech boleh di bilang sebagai film terbaik sepanjang 2010, dengan hujan penghargaan atas film ini, dan untuk nominasi Oscar saja film ini dianugrahi 12 nominasi. 


The King’s Speech mengajak kita napak tilas ke Inggris menjelang perang dunia II. Ketika itu, Raja George V baru saja mangkat sehingga digantikan oleh anaknya, Raja Edward VIII yang sebelumnya bergelar Prince of Wales. Tokoh utama kita adalah adik Prince of Wales, yaitu Duke of York ( Colin Firth) yang malang.  Malang sebab sejak umur lima tahun, beliau menderita penyakit gagap bicara. Ia tak pernah bisa jadi pembicara yang lugas di depan public.

Colin Firth
Prince Albert (Colin Firth) memang tak pernah berharap menjadi raja Inggris. Ia tahu benar keterbatasan yang ia miliki. Tak mungkin ia memimpin sebuah negara sebesar Inggris sementara berbicara di depan umum saja sudah jadi perjuangan berat buatnya. Celakanya takdir berkata lain dan Albert harus segera naik tahta.

Sepeninggal Raja George V (Michael Gambon), Prince Edward (Guy Pearce) yang seharusnya naik tahta namun karena Edward lebih memilih melepas tahta dan menikahi Wallis Simpson (Eve Best), tak ada pilihan lain buat Albert selain mengambil alih tampuk kekuasaan. Albert tahu kalau ini bukan urusan mudah, apalagi Perang Dunia II sudah di depan pintu. Ia harus mampu mengatasi kekurangannya.

Untungnya, Elizabeth (Helena Bonham Carter), tak pernah menyerah. Setelah mencoba beberapa dokter untuk menyembuhkan gagap yang diderita Albert, Elizabeth lantas mencoba metode yang lebih tak lazim. Ia meminta Lionel Logue (Geoffrey Rush), seorang terapis dengan metode aneh, untuk menyembuhkan suaminya.

Dengan tekad yang kuat dan bimbingan dari Lionel, Albert akhirnya berhasil sembuh. Dari seorang pria gagap, Albert menjadi seorang raja yang mampu berpidato dan membakar semangat seluruh warga Inggris untuk menghadapi Perang Dunia II. 

Black Swan
Sebuah sanggar tari balet yang berbasis di New York bakal segera membuat pementasan tari Swan Lake yang legendaris itu. Jelas saja ide ini membuat para penari di sanggar itu berusaha dengan segala cara untuk mendapatkan peran utama dalam pementasan bergengsi ini. Ada yang berusaha sewajarnya namun tak jarang pula yang dengan segala cara berusaha menjadi yang terpilih meski itu artinya harus mengeksploitasi sisi gelap dirinya.

Pilihan Thomas Leroy (Vincent Cassel) akhirnya jatuh pada Nina (Natalie Portman, seorang penari muda berbakat, yang dianggapnya mampu memerankan tokoh utama yang cukup kompleks itu. Meski sudah terpilih namun jalan buat Nina masih belum mulus. Ada penari lain bernama Lily (Mila Kunis) yang juga mengincar posisi yang sama.

Nina punya karakter lembut dan anggun sementara Lily adalah kebalikan dari Nina. Penari cantik ini sangat sensual. Untuk menjadi tokoh utama Swan Lake, seorang penari harus mampu memerankan White Swan yang anggun sekaligus Black Swan yang sensual. Berawal dari persaingan ini, Nina dan Lily lantas menjalin persahabatan sementara di saat yang sama Nina ternyata mulai mengeksplorasi sisi gelapnya demi mencapai cita-citanya menjadi pemeran utama Swan Lake.

Nataalie Portman di Red Carpet

Anda penasaran dengan pengalaman Duke (Colin Firth) atau bagaimana akhirnya Nina (Natalie Portman) memerankan angsa putih yang gemulai dan sekaligus angsa hitam yang beringas, download filmnya; The King's Speech (di sini ), Black Swan ( di sini ).

Berikut daftar pemenang penghargaan Piala Oscar 2011:

 Film Terbaik - The King's Speech

Aktor Terbaik - Colin Firth - 'The King's Speech'

Aktris Terbaik - Natalie Portman - 'Black Swan'

Sutradara Terbaik
- 'The King's Speech' - Tom Hooper

Aktor Pendukung Terbaik - Christian Bale 'The Fighter'

Aktris Pendukung Terbaik
- Melissa Leo 'The Fighter'

Naskah Adaptasi Terbaik
- 'The Social Network' - Aaron Sorkin

Naskah Asli Terbaik - 'The King's Speech' - David Seidler

Efek Visual Terbaik
- 'Inception'

Sinematografi Terbaik - 'Inception' - Wally Pfister

Film Animasi Terbaik
- 'Toy Story 3' - Lee Unkrich

Film Pendek (Animasi) Terbaik
- 'The Lost Thing' - Shaun Tan & Andrew Ruhemann

Film Pendek (Live Action) Terbaik - 'God of Love' - Luke Matheny

Documentary (Pendek)
- 'Strangers No More' Karen Goodman & Kirk Simon

Film Dokumenter (Feature) - 'Inside Job' - Charles Ferguson & Audrey Marrs

Film Asing Terbaik
- 'In a Better World' (Denmark)

Desain Kostum Terbaik
- 'Alice in Wonderland' - Colleen Atwood


No comments:

Post a Comment