Translate

April 9, 2015

Episode Kista Endometriosis & Laparoskopi (3)



The Real Kistektomi Laparoskopi

Awal Februari 2015 saya ambil cuti 4 hari, niatnya konsen ke pengobatan kista… mencoba third opinion ke prof. dr. syahrul rauf, spog k onk untuk memastikan ini kista coklat seperti vonis dr. Nusrat atau CA Ovarium seperti gugaan dokter di RS. Siloam. Dan ternyata untuk bertemu beliau amat sangat sulit harus lewat asistennya terlebih dahulu. 

Hari itu tanggal 4 Februari tepat jam 12 malam… hujan deras disertai angin kencang dan petir menggelegar, mati lampu pula .. tiba tiba terbangun perut rasanya seperti dirobek robek… tidak, jgn sampe kistaku terpuntir.. UGD rs awal bros adalah tujuanku, sakitnya sudah tidak tertahankan lagi. Jadilah dirawat karena sakitnya tidak berhenti walaupun telah pake pronalgest. 

Pengalaman di RS ini tidak adakan terlupakan, ketika di konsul ke dr. Nusra dan beliau diluar kota hanya memberikan advise by phone untuk USG whole abdomen kembali dan tes darah, thorax dan EKG.. hummm.. pemeriksaan pre operasi.. Ketika menjalani tes USG saya sudah merasa kurang sreg dengan dokternya, seorang dokter radiologi wanita yang kurang welcome.. entah beliau lagi ada masalah atau apa yang jelas sama pasien koq ya kurang ramah. Begitu hasil USG keluar saya tertawa dalam hati. Kistaku terdeteksi di ovarium kanan dengan ukuran 7.1 x 5.4 x 6.2 cm.. Wow… kistaku pindah tempat yah… Tapi sudahlah ini pengalaman berharga. Sewaktu dikonsulkan ke dr. Nusra pun beliau hanya tersenyum dan menjawab yang terpenting ada kista dalam perutmu tidak masalah letaknya dikanan atau kiri yang jelas harus segera diangkat karena sudah mempengaruhi aktivitas dan mengganggu organ lain… how wise you are...

Kamar Rawatku di PCC RSWS
Bersiap untuk di rujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar home base beliau… namun sebelumnya sudah diwanti wanti cari kamar terlebih dahulu baru ke sana karena pengalaman ruang rawat di Private Care Center RSWS selalu penuh. Baiklah dok, saya akan hunting kamar terlebih dahulu.

Tanggal 10 februari 2015 dapat konfirmasi ketersediaan kamar di PCC, segera saya hubungi dr. Nusra dan memberitahukan kapan saya bisa masuk untuk dirawat. Malam itu juga saya dianjurkan masuk dan operasi direncanakan pada hari kamis 12 februari 2015. Saya sudah bulat pada tahapan ikhlas dan berserah segala galanya pada Allah.. Apapun yang berlaku bagaimanapun prosesnya saya yakin ini sudah skenarionya dan amat sangat yakin Allah Maha pemberi pertolongan.

Jam 07.00 malam saya berangkat ke PCC RSWS proses administrasi lumayan ribet butuh waktu 3 jam dan memancing emosi baru kelar dan bisa masuk kamar perawatan di PCC lt. 3 kamar 328.  Esok hari dr. Nusra datang visite menjelaskan bagaimana rencana operasi besok dan persiapannya. Pesan beliau jangan di pikirkan insya Allah semua akan baik baik saja.

PCC RSWS Lt. 3
Serangkaian persiapan operasi saya jalani, mulai dari tes darah, konsul anestesi sebanyak 2 kali... Dokter anestesi cuma bilang malam ini istirahat cukup jangan dipikirkan… baiklah dok… I will try to relax… tapi jujur dalam hati dumba dumba minta ampun..

Malamnya perawat datang pertama kasi obat ranitidine tab berhubung saya ada riwayat sakit maag dan alprazolam untuk penenangnya.. Jam 11.00 pm infus dipasang.. ini yang menyiksa karena menggunakan abocath no. 18… OMG.. pake yang no.21 saja sakitnya minta ampun apalagi yang nomor 18… tapi saya tidak protes semua saya jalani dengan sabar dan diam… Infus sukses terpasang.. dan satu lagi yang paling sakit dan menyiksa skin test untuk mengecheck ada alergi antibiotic ato tidak.. Mamaaa…. Di suntiknya di bawah permukaan kulit.. pedis..dis..dis… sampe gigit bantal waktu disuntik.. kalo boleh memilih lebih baik di suntik jarum infus 5 kali daripada skin test satu kali.. tapi yah.. saya harus menikmati setiap prosesnya supaya terbiasa dan tidak menyakitkan.

Jam 12.00 PM mulai puasa makan minum.. dikasi obat pencahar… untung perawatnya baek.. saya minta pasang sendiri cukup alatnya (jelly/handskun/obat) taru di kamar prosesnya biar saya sendiri.. selang 30 menit kemudian sudah mules mules bolak balik toilet untuk mengeluarkan semua isi usus.. Jam 05.00 AM perawat datang lagi untuk pencahar kedua..

12 Februari 2015 jam 09.00 AM.. perawat datang dikamar siap mengantar saya ke ruang operasi… disini rasanya  tidak karuan.. ada rasa sedih..terharu… apalagi melihat anggota keluarga yang sudah berkumpul dengan wajah wajah risau… Ya Allah… kuatkan hatiku jangan sampe airmata ini menetes..

Hujan deras dan angina kencang kembali mengiringi perjalananku ke ruang operasi.. Dari PCC RSWS ke COT RSWS ternyata lumayan jauh.. perawat sampe ngos ngosan mendorong kursi roda saya. Sampe di depan kamar OK.. pamit dan minta doa sama sanak keluarga yang mengantar.. Bismillah… saya masuk OK ditemani perawat dari PCC.. didalam disuruh ganti baju trus pake tutup kepala ala ala di salon.. Setelah diserah terimakan saya di bimbing perawat OK masuk dan menunggu di depan kamar operasi no. 6..

Cukup lama saya menunggu antrian operasi malah sempat jelan jalan di dalam melihat beberapa orang senasib yang menjalani dan akan menjalani operasi mulai dari anak anak sampe kakek kakek… Ya Allah they are alive… Aku harus kuat.. Aku pasti bisa..

Jam 09. 45 asisten anestesi datang menghampiri memberikan suntikan antibiotic dan ranitidine kembali. Jam 10.00 saya dituntun masuk dalam kamar operasi sesungguhnya.. sebanyak 7 orang team dokter telah menunggu saya.. Saat berbaring di meja operasi procedure anestesi sebentar lagi akan di mulai.. kembali dimasukkan obat anti mual dan anti pendarahan dalam slang infus saya… cairan infus pun diganti yang baru yang telah di drips obat berwarna kuning may be valium.. I guess..

Saya meminta jangan di bius sebelum dr. Nusra datang.. akhirnya asistennya menelpon beliau dan ternyata lagi makan… Jam 10.05 prosedure anestesi dimulai… Miring kiri sambil tekuk dan cium lutut saya di bius spinal aka dibius setengah saja, terasa jarum menembus tulang lumbal saya sakit sampe sampe saya pengang erat tangan asisten anestesi yang berada di sebelah kiri dan memaintaine infuse dan obat obat injeksiku… Pelan pelan kedua ujung kakiku terasa kesemutan menjalar pelan pelan sampai ke lutut naik kepaha.. perut mulai terasa dingin saya menggigil dan minta di selimuti.. Saya disuruh batuk yang keras sekuat tenaga saya coba ternyata batuknya Cuma terasa sampe leher… Saya masih sadar penuh ketika proses kistektomi laparoskopi dimulai..

Saya minta dipasangkan selang oksigen.. dokter anestesi sempat bertanya mau yang sungkup atau kanule saya meminta yang kanule saja, monitor jantung di pasang, spo2 direkatkan di telunjuk tangan kanan… saya masih menengok ke monitor melihat SPo2 100% (ya iyya lah secara pake oksigen), HR 100x/mnt, BP 114/70 mmhg, Breath 44 x/mnt… gejala gejala stress ini.. Terasa perutku seperti diurut dan dipijit, dokter anestesi menawarkan mau tidur atau melihat proses laparoskopi di layar TV yang kutaksir 40 inch di hadapanku.. Jujur saya mau melihat prosesnya sambil terus berkomunikasi tetapi saya liat di monitor sejauh saya tersadar tanda tanda vitalku terus meningkat terutama detak jantung.. Akhirnya saya meminta anti depresan supaya vital sign ku bisa bertahan di level normal.

Efek anti depresan ini membuat saya tertidur, sehingga tidak semua proses kistektomi laparoskopi ini ku saksikan di layar TV.. saat terakhir yang kuingat ketika sudah muncul gambar didominasi warna merah kecoklatan di layar tv.. setelahnya tidur pulas… Tiba tiba saya terbangun.. suara tit..tit.. monitor masih terngiang, saya menoleh kanan kiri masih mereka mereka berada di posisi masing masing.. layar tv sdh berwarna abu abu… tetapi perutku masih terasa seperti diurut.. Saya lalu bertanya kepada dokter anestesi … saya masih di operasi ya dok? Jawabnya singkat.. iya, sebentar lagi selesai.. Saya bertanya lagi sekarang jam berapa.. dijawab jam 12. 35… Ya Allah… sudah 2 jam lebih saya masih di ruangan ini… kamar operasi nomor 6. 

Saya minta ijin selang oksigen di lepas… rasanya seperti saya baru bangun dari tidur siang saja.. Alhamdulillah tidak ada pusing ataupun mual.. yang terasa kedua kakiku masih kebas dan berat tidak bisa digerakkan… Perlahan dokter merapikan baju operasiku… terasa perban  direkatkan di beberapa bagian tubuhku.. kemudian monitor jantung di lepas… Spo2 di jari kanan dilepas.. cairan infus diganti kembali RL tanpa drip obat apapun.. saya dipindahkan ke RR (Recovery Room).

Saya sudah sadar penuh di ruangan recovery… di kiri kanan kusaksikan mereka mereka yang senasib denganku masih tidur pulas mendengkur bahkan ada yang sampai meronta… Alhamdulillah wa syukurillah… Thank you Allah, I am Wake Up… Iam alive… dan sadar sepenuhnya tidak seperti mereka…

Jam 13.00 tepat saya sudah berada di kamar 328 PCC RSWS.. saya hanya merasa lelah dan haus… kaki kiriku perlahan bisa kugerakkan.. lutut kiri bisa membentuk sudut 18 derajat… terharu… bersyukur… ternyata apa yang saya pikirkan tentang operasi laparoskopi ini terlalu parno tidak se horror bayanganku… efek anestesipun tidak kurasakan kecuali ketika disuntik asam traneksamat obat anti pendarahan.. mulut terasa sangat asam seperti berkumur cuka dan pusing luar biasa itupun hanya terasa sekitar 5 menitan.. dan ternyata saya tidak cocok dengan obat ini J

1 jam pasca operasi kaki sudah terbebas dari efek anestesi dua duanya sudah bisa bergerak, ditekuk.. diangkat sudah bisa.. saya sudah belajar miring kiri kanan… yang kurasa adalah haus yang teramat sangat.. menunggu kentut tak jua datang… saya inisyatif memanggil dokter jaga untuk mendengarkan bising ususku.. dan Alhamdulillah diijinkan minum 2 sendok setiap 30 menit… Malam harinya kentut pun tiba… saya sudah boleh makan makanan lunak… Setelahnya tidur pulas.. 
120214.rsws
Gambaran kista yang pecah dalam perutku

1 hari pasca operasi sekitar jam 09.00 pagi dr. Nusra datang visite… perut ditekan tekan.. terasa nyerinya tapi tidak nyeri2 amat.. lalu dijelaskan bahwa kista dalam perutku yang dicurigai terpuntir ternyata pecah dan belepotan di dalam rongga panggul dan peritonium.. Ya Allah... saya diijinkan duduk dan mulai bangun dari tempat tidur.. Ketika mulai bangun dari tempat tidur ini rasanya saya seperti bayi yang baru belajar duduk.. bangun… serasa ada koin tertempel diperut ini.. saya lihat bekas operasinya ternyata prbannya ada 4 satu di puser, 2 di kiri dan 1 di perut kanan.. wow..

Siang hari sekitar jam 02.00 kateter dilepas, infus juga sudah dianjurkan dilepas bila cairan habis… saya mulai diarahkan berjalan perlahan didalam kamar… sebuah perjuangan untuk mengangkat kaki… terasa kaku tapi percaya deh… tidak ada rasa sakit sama sekali… Malm sekitar jam 11.00 infus sudah dilepas… tidur sudah mulai posisi miring kiri dan kanan..

2 hari pasca operasi tepatnya 14 fenruari 2015… dr. Nusra visite agak siang karena menurut suster beliau ada operasi pagi.. saya sudah mandi sendiri di kamar mandi.. berjalan keliling walaupun pelan pelan di luar ruangan sepanjang gedung perawatan lt.3. Saat beliau visite sekitar jam 11. 30 siang.. saya jelaskan BAB/BAK sudah lancar bebas tanpa rasa sakit.. Akhirnya advise pulang hari itu juga.. control satu minggu kemudian. Terimakasih dokter yang baik hati.. Akhirnya bisa pulang kerumah tingal menunggu hasil PA jaringan kista yang diangkat untuk menentukan terapi selanjutnya.

Dan.. apa yang saya alami setelahnya tidak seperti inginku… sekali lagi saya harus berjuang yang benar benar berjuang menghadapi kista ini… Operasi Laparoskopi ke-2 pun menanti…

No comments:

Post a Comment