Translate

May 28, 2012

Bersalin Normal Tanpa Rasa Sakit…. Kenapa Tidak???

Menanti kelahiran buah hati adalah saat paling mendebarkan, bahagia bercampur rasa was was tentu tidak di pungkiri bagi sang ibu. Membayangkan bagaimana proses yang harus di lalui untuk mengeluarkan bayi dari dalam kandungan dengan rangkaian rasa nyeri yang teramat sangat sedikit banyaknya mempengaruhi emosi anda, dan sudah pasti ada kecemasan, stress, rasa takut dsb.

Namun, kemajuan tekhnologi di dunia medis sedikit memberikan harapan bagi anda yang terlalu risau akan rasa sakit selama proses bersalin normal. Rasa sakit dalam proses bersalin kini dapat diminimalisir dengan Analgesia Epidural maupun Analgesia Spinal yang popler dengan sebutan ILA (Intrathecal Labor Analgesia).

Intrathecal Labor Analgesia
Lebih dikenal dengan ILA merupakan suatu teknik untuk mengurangi rasa nyeri pada saat melahirkan dengan menyuntikkan obat penghilang rasa sakit  ke dalam ruang spinal (saraf tulang belakang). Penyuntikkan obat dilakukan saat si Ibu sudah mulai memasuki tahap awal persalinan. Setelah obat bekerja, nyeri pada tiap kontraksi (his) akan sangat berkurang. Kadang-kadang terasa sensasi kesemutan pada kedua tungkai dan terasa agak lemas yang bersifat sementara.

Pada beberapa Ibu, kontraksi rahim melambat sementara setelah disuntik, namun sebagian besar umumnya mengalami perbaikan pola kontraksi. Selebihnya, proses persalinan pun berjalan seperti persalinan normal lainnya, Ibu masih tetap bisa mengedan seperti biasa. Efek samping amat ringan dan tidak mempengaruhi kondisi janin. Efek samping yang mungkin terjadi adalah gatal-gatal ringan serta sedikit mual yang mudah diatasi.

Analgesia Epidural
Pada dasarnya teknik Analgesia Epidural sama dengan ILA (Intrathecal Labor Analgesia). Analgesia Epidural adalah suatu teknik untuk mengurangi rasa nyeri pada saat melahirkan dengan cara menyuntikkan obat penghilang rasa sakit yang dimasukkan ke rongga epidural (di bagian belakang ruang spinal). Proses pembiusan memakan waktu kurang lebih 10 menit dan efeknya akan terasa dalam beberapa menit, tergantung keperluan dan jenis obat yang digunakan.

Perbedaannya dengan ILA, pada tindakan ini menggunakan Epidural Catheter yang berfungsi untuk menambahkan obat penghilang sakit. Bila efek obat sudah habis namun proses persalinan belum selesai, obat bisa ditambahkan melalui Catheter Epidural tersebut.

Keuntungan ILA/Epidural
Rasa sakit selama proses melahirkan dapat diminimalkan. Penelitian selama 20 tahun tidak menemukan efek buruk / membahayakan pada bayi yang dikandung.  Ibu dapat memberikan ASI langsung setelah bayi dilahirkan. Nah, bagi para ibu yang sedang menanti kelahiran bayinya dan ingin melahirkan normal inilah solusi yang tepat untuk membuat anda nyaman selama proses persalinan.


Referensi:
Webmaster RSMK Group 
http://www.rumahsakitmitrakemayoran.com/?p=215



1 comment: