Translate

August 8, 2011

Cantik Dengan Dental Implant


Pada masa lalu gigi palsu lepasan (akrilik) dan gigi palsu permanen (bridge/jembatan) adalah satu-satunya pengganti dari gigi yang hilang. Gigi palsu lepasan sering terasa tidak nyaman, bahkan kadang-kadang memalukan karena sering longgar sehingga pergaulanpun menjadi terbatas. 

Demikian juga dengan gigi palsu permanen tidak disukai oleh pemakai karena gigi sehat disebelahnya harus diasah/dikecilkan untuk menunjang gigi palsu tersebut. Kedua jenis gigi palsu ini belum memberikan kenyamanan yang diinginkan oleh penggunanya.


Setelah bertahun-tahun dilakukan penelitian dan uji klinis ditemukanlah  suatu bahan yang dapat dimasukkan kedalam tubuh (pasien) yang dapat menyatu dengan tulang sehingga dapat menggantikan akar gigi yang hilang. Bahan ini dikenal dengan nama Dental Implant, yang sekarang ini telah menjadi alternatif dari gigi-gigi palsu terdahulu.

Dental implant terbuat dari bahan logam, yaitu titanium, yang dibentuk menyerupai bentuk akar gigi (silinder) yang dapat ditanam ke dalam tulang rahang sebagai pengganti dari akar gigi yang hilang/dicabut. Setelah implant ini menyatu dengan tulang, gigi palsu disambungkan dengan implant ini sehingga pasien tidak merasa memakai gigi palsu lepasan.


Dental implant juga membantu untuk mencegah penyusutan tulang rahang setelah gigi hilang sehingga akan mencegah pula perubahan-perubahan yang tidak diinginkan pada wajah anda (tampak lebih tua dari usia sebenarnya).

Saat ini bahan yang paling banyak digunakan sebagai Dental Implant adalah yang terbuat dari titanium yang permukaannya dibuat kasar dan mempunyai uliran/drat sehingga dapat dimasukkan kedalam tulang dengan cara diputar (seperti baut). 


Untuk tindakan ini cukup menggunakan anestesi lokal dan memakan waktu rata-rata  tidak lebih dari 30 menit. Trauma yang ditimbulkan lebih kecil dari pencabutan gigi karena implant yang dimasukkan rata-rata hanya sepanjang 1 cm dengan diameter 3-5 mm.


Dari pemakai gigi implant mereka terkesan dengan adanya perbedaan yang mencolok dibanding saat memakai gigi palsu lepasan. Mereka tidak lagi merasa memakai gigi palsu melainkan terasa gigi asli mereka telah kembali utuh.
Dental Implant sangat berguna bagi orang yang sudah berusia lanjut atau bahkan yang masih muda karena Dental Implant dapat digunakan untuk mengganti kehilangan satu gigi atau single tooth missing, kehilangan lebih dari satu gigi atau multiple teeth missing, atau bahkan untuk yang kehilangan seluruh gigi atau full edentulous.


Dental Implant lebih nyaman karena hampir sama dengan gigi asli dan pemasangan implant tidak perlu mengorbankan gigi asli yang berada di sebelahnya. Dental Implant juga dapat mengatasi kesulitan-kesulitan atau ketidaknyamanan gigi palsu lepasan yang longgar, mudah lepas, mengalami kesulitan untuk mengunyah, atau sulit untuk berbicara. 


Dental Implant dapat digunakan oleh siapapun, termasuk mereka yang selalu mual bila ada plat akrilik di dalam mulut mereka.
Pemasangan gigi implant ini dilakukan oleh seorang dokter gigi spesialis bedah mulut yang telah memiliki keahlian di bidang ini baik di rumah sakit atau di klinik-klinik yang memiliki standard sterilisasi baik. Bagi calon pemakai  gigi implant kenyamanan dan keamanan merupakan prioritas utama yang perlu dipertimbangkan.

So, anda tertarik untuk mengunakan Dental Implant.....????????




Sumber:
Drg. Djoko Micni SpBM
Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut & Dental Implant RS Mitra Kemayoran


1 comment:

  1. I really loved reading your blog. It was very well authored and easy to undertand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your posts very interesting. In fact after reading, I had to go show it to my friend and he ejoyed it as well! Dental implants Northampton

    ReplyDelete