Translate

December 26, 2008

Tato Mehndi

Kenalkah anda dengan tato mehndi? Sebuah tradisi melukis tangan dan kaki yang dilakukan bangsa Timur Tengah. Mungkin tradisi ini pernah anda lihat dalam satu tontonan film India yang sempat membuat masyarakat Indonesia tergila-gila. Atau yang terbaru tatto mehndi digunakan tokoh Aisyah dalam film Ayat-ayat Cinta yang fenomenal.

Seperti halnya budaya India lainnya yang juga menarik hati, keindahan yang dihasilkan tato mehndi membuat tradisi ini beranjak menjadi tren.

Di masyarakat Timur Tengah mehndi biasanya dikenakan oleh calon pengantin perempuan. Mehndi, menggunakan bahan pewarna dari tumbuhan yang disebut hena.
Masyarakat kita biasanya menyebut hena dengan pacar kuku.

Hena terdiri dari beragam warna, merah, hitam, biru, gold, pink dan lain-lain. Untuk lebih glamour bisa juga ditambahkan glitter. Untuk hena warna merah terdapat campuran buah jambe. Sedangkan warna hitam mengandung sedikit campuran bahan kimia.

Ada dua jenis hena, India dan Arab. Hena dari Arab lebih cepat luntur dalam 2-3 hari sedangkan hena India bertahan lebih lama sampai 3 minggu.

Dari segi artistik motif India lebih unggul. Desainnya lebih variatif dan memiliki tingkatan seni yang lebih tinggi dibandingkan motif Arab yang lebih kaku.
Lekuk-lekuk motif India lebih terlihat.

Dalam tradisi pernikahan India, biasanya calon pengantin perempuan di berikan menhdi dari bagian tangan hingga sikut dan bagian kaki hingga lutut.

No comments:

Post a Comment