menu1

May 7, 2015

Serba Serbi Tapros 3M Depot


Semenjak 2 bulan yang lalu saya menjadi akrab dengan TAPROS… Mungkin asing bagi pada umumnya namun seorang Endosurvivor seperti saya pasti sangat tau dengan obat yang satu ini. Yah.. TAPROS 3M DEPOT masih bereaksi dan berada dalam aliran darahku hingga sebulan kedepan… Gemes dengan obat suntik yang satu ini… yang susah dicari dan harganya selangit… 4.1 juta untuk 2 cc obat suntik.. Luar biasa!! Dengan segudang efek yang entah seperti apa rasanya dalam tubuh (tapi tergantung orangnya sih).

Setelah 2 minggu pasca suntik Tapros yang paling saya rasakan mengganggu adalah HOT FLUSH.. yang datang tiba2 tidak kenal waktu... dalam cuaca dingin sekalipun tiba tiba berkeringat dan berasa sangat gerah.. Jadi kadang merasa aneh sendiri tiba tiba normal tidak lama kemudian keringat kegerahan yang berlangsung beberapa kali dalam sehari, paling berasa malam hari.

Apa dan bagaimana TAPROS 3M DEPOT ini digunakan untuk terapi lanjutan pasca Laparoskopi penderita Kista Endometriosis? Seperti apa penampakan dan kandungan si TAPROS ini, selengkapnya:



TAPROS® 3 M DEPOT LEUPRORELIN ACETATE 

Komposisi
Serbuk :
Leuprorelin acetate................
.................................................
11.25 mg
Polylactic acid.......................
.................................................
99.30 mg
Manitol..................................
..................................................
19.45 mg
 Untuk satu vial Pelarut :
Natrium karboksimetil selulosa.
...................................................
10.00 mg
Manitol....................................
..................................................
100.00 mg
Polisorbat 80 ..........................
..................................................
2.00 mg
Air untuk injeksi.......................
.....................sampai.....................
2 ml
 Untuk satu ampul

Sifat - sifat farmakologi

Leuprorelin adalah nonapeptida sintetis yang merupakan analog Gn-RH alami. Penelitian-penelitian yang dilakukan terhadap manusia dan juga hewan menunjukkan bahwa setelah suatu stimulasi awal, pemberian leuprorelin selanjutnya menyebabkan penurunan sekresi gonadotropin dan akibatnya menekan fungsi kelenjar testis pada pria dan menyebabkan atropi pada uterus dan jaringan endometrium ektopik pada wanita. Efek ini reversibel bila pemberian obat dihentikan.

Melalui beberapa penelitian pada binatang percobaan, mekanisme kerja lainnya telah ditemukan, yaitu suatu efek langsung oleh karena berkurangnya kepekaan reseptor gonadotropin.

Pada manusia, setelah pemberian dosis pertama terjadi peningkatan sementara LH dan FSH yang akan meningkatkan sementara kadar hormon steroid kelenjar kelamin (pada pria testosteron dan dihidrotestosteron, pada wanita estradiol). Dalam waktu 3 - 4 minggu kemudian kadar LH dan FSH akan menurun, sehingga kadar androgen dan estrogen menurun mencapai kadar yang ekuivalen dengan kondisi kastrasi atau menopause. Penurunan ini akan dipertahankan sepanjang pemberian obat dilanjutkan.

April 23, 2015

Perkenalanku dengan Tapros 3M DEPOT


Tanggal 17 Maret 2015, seminggu setelah hasil PA keluar saya mulai terapi suntik Tapros.. karena pengalaman obat ini amat sangat susah ditemukan di jagat farmasi… dr. Nusra memutuskan memberikan suntik Tapros 3M depot… yg langsung 3 bulan.. Inipun bukan beliau yang suntik namun saya di rujuk ke PCC ke dr. Ishariah lagi..
Sehari sebelum ke PCC saya hubungi asisten dr. Ishariah untuk memastikan ketersedian obat tsb… Dia tidak bisa menjamin karena baru akan menghubungi pihak apotik rumah sakit. Jam 10 pagi saya sudah di PCC daftar ke poli Obgyn untuk suntik Tapros.. dan yang terjadi… Tapros 3M depot tidak tersedia alias stok kosong yang ada hanya endrolin 1 bulan… Karena si endrolin pabrikan K**B* saya ragu untuk memakainya… dokter sih bilang sama saja tapi dasar saya sudah parno duluan dengan kasus yang masih hangat dibicarakan orang saya coba minta pertimbangan dr. Nusra… dokter yang lebih tau dan yg sudah mengutak atik organ2 reproduksiku melalui  laparoskopi.. 

Saya coba hubungi beliau… begitu saya bilang endrolin.. langsung belaiu jawab cari Tapros sampai dapat… Berjam jam saya menunggu untuk 1 vial Tapros 3M depot… Bahkan di apotik Kimia Farma sekota Makassar stoknya kosong.. mereka rata2 hanya memiliki endrolin.. Jam 4 sore akhirnya Tapros di temukan di PBF Kima.. Finally… sisa nunggu disuntikkan ke dalam tubuhku secara intra muskuler.

Pesan dokter, 14 hari pasca suntik Tapros bisa jadi akan dapat haid.. itu wajar alias normal… Haid bisa berlangsung lama dan apabila melebihi 14 hari supaya kembali konsultasi… Okaylah dokter.. Benar saja walaupun lebih cepat 4 hari saya mendapat haid di 10 hari pasca Tapros masuk ke tubuhku.. haidnya berbeda dari biasanya.. kebanyakan lendir dan jaringan jaringan padat.. I guess that was endometriosis.. total saya haid selama 7 hari + keluar flek flek hitam selama kurang lebih 2 minggu tidak beraturan terasa sekali apabila saya overaktivitas.. 

Yang paling tidak enak dari suntik Tapros ini adalah efek sampingnya.. dari rambut yang rontok.. Hot Flush.. sleep disorder dan rasa mual mual di 2 minggu pertama… setelahnya sih saya rasa sisa hot flush sama peningkatan nafsu makan… ini nih yang saya suka… setidaknya bisa memperbaiki bobot tubuh yang hilang 5 kilo selama sakit kemarin.

Oh iya, oleh dr. Nusra saya dibekali 2 macam vitamin yang katanya untuk mereduce side efek si Tapros tsb… Vitaminnya sih yg biasa buat ibu hamil.. Folavit 1000 µg dan Santa E 400 mg.. Dasar bandel saya minumnya selang seling saja.. hari ini minum santa E besok lagi baru minum Folavit.. Alhasil sampai sekarang (6 minggu post op) vitaminnya belum habis juga… hehehee

Jadwal control selanjutnya 3 months pasca suntik Tapros sekitar bulan juni or juli nanti… semoga semuanya sudah baik baik saja..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...